Jasa Grounding Calweld Surabaya

Dalam insalasi penangkal petir grounding system merupakan bagian yang terpenting, kesempurnaan instalasi penangkal petir tergantung dari hasi grounding system, karena grounding system berfungsi menyebarkan arus sambaran untuk di netralisir ke tanah atau bumi. Dalam acuan hasil grounding system harus di bawah 5 Ohm hal ini bertujuan tidak adanya muatan lebih sambaran petir yang bisa berakibat adanya induksi. Dalam pengukuran biasanya menggunakan alat  “ EARTH TESTER SYSTEM “ yang akan menentukan kesempurnaan dari grounding system itu sendiri. Dalam hal pembuatan grounding bisa dilakukan deng berbagai  cara antara lain :
-          Dengan menancapakan batang tembaga yang langsung di hubungkan dengan kabel penghantar penangkal petir
-          Dengan cara memasukan pipa galavanis/pipa air yang di dalamnya di masukan bar copper ( BC ) dan langsung di hubungkan dengan kabel penghantar penangkal petir
-          Dengan menggunakan sambungan antara batang tembaga dengan sisitem yang sederhana dengan menggunakan clam rod
-          Dengan menggunakan penyambungan batang tembaga dengan cara di CADWELD
Dalam hal ini kami akan membahas tentang cara penyambungan instalasi grounding dengan menggunakan sistim calweld, sebelum menguraikan penggunaan cadweld perlu di perhatikan langkah dalam penggroundingan antara lain :

-          Pemilihan tempat
Lakukan pemilihan tempat untuk dilakukan titik grounding untuk di tancapkan batang tembaga yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan titik penangkal petir, hal ini untuk penghematan kabel penghantar yang akan di gunakan selain itu pilih tempat yang tidak menggagu aktifitas atau mengurangi estitika bangunan yang akan di pasang penangkal petir. Dalam mentukan titik sebaiknya hindari tempat yang berpasir, berbatu ataupun bertektur tanah yang keras dan kering, hal ini supaya dalam penggroundingan tidak menemui kesulitan dalam menancapkan batang rod dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Lakukan pemilihan lokasi penanaman grounding road disekitar banguanan yang akan di pasang penangkal petir, rencanakan berapa titik yang akan ditanamkan. Pemasangan grounding road yang makin banyak akan menghasilakan sistim pentanahan yang paling baik.
Jika anda akan memasang beberapa buah grounding road usahakan jangan terlalu berdekatan , ditujukan supaya pembumian menyebar disekitar bangunan. Dan juga untuk menjaga bialamana salah satu grounding rod sitim pembumiannya  tidak bagus maka bisa dibumikan oleh grounding rod lainnya.
Harus diperhatikan  bahwa masing masing grounding road semua harus terhubung. Sehingga perlu di atur supaya sistim kabel penghubungnya mudah dipasangkan.
Lakukan pencarian tanah yang mudah ditancapkan. Hindari penanaman grounding road di daerah tanah berbatu atau berpasir, disamping   penancapannya yang susah , juga kurang bagus untuk pembumian.
Usahakan lokasi penempatan grounding road tidak terlalu jauh dari bangunan, tapi harus diingat jangan sampai merusak sistim instalasi / pemipaan yang telah tertanam.
Usahakan penempatan antara grounding road dalam garis lurus, tidak terlalu banyak berbelok belok.

-          Pemilihan Bahan

Grounding road yang paling bagus adalah pipa padat yang terbuat dari tembaga. Disamping sebagai daya hantar yang kuat, tembaga tidak mudah berkarat. Anda   perlu memeriksa barang tersebut saat pembelian, karena kadang kadang banyak pipa yang dijual kelihatannya terbuat dari bahan tembaga padahal bagian dalamnya adalah besi biasa tapi bagian luarnya disepuh dengan tembaga. Untuk menchecknya anda bisa memotong secara diagonal    maka akan kelihatan apakah asli atau tidak.Penggunaan besi biasa harus dihindari karena bahan ini sangat mudah berkarat.
-          Penanaman grounding
Setelah ditemukan dan ditentukan titik pengroundingan kita dapat melakukan penancapan atau penanaman batang tembaga dengan cara pengeboran terlebih dahulu ataupun secara langsung menancapkan kedalam tanah, hal ini tergantung dengan tekstur tanah yang ada di tempat tersebut.

-          Cara penyambungan titik  grounding

Perlu kita ketahui dalam melakukan grounding tidak semua mudah ini tergantung dengan tekstur tanah, bila tekstur tanahnya banyak mengandung mineral garam atau air cukup satu titik penancapan saja akan mendapatkan hasil yang kita inginkan yaitu sesuai dengan  ketentuan yaitu di bawah 5 Ohm. Untuk tanah yang sulit dapat dilakukan dengan menancapkan beberapa batang tembaga yang di rangakai/disambung  menjadi satu untuk mndapatkan hasil yang sesuai standar.

Penyambungan dengan CALWELD

Dalam hal ini kami akan membeberkan penyambungan dengan sistem calweld yaitu dengan Cara menghubungkan   antara grounding rod dengan kabel grounding  adalah dengan sistim pengelasan dengan menggunakan alat Cadweld. Dalam  penyambungan harus menggunakan bubuk mesiu standar , karena pemakaian bubuk mesiu  akan memepengaruhi kekuatan sambungannya. Hal ini juga dilakuan untuk penyambungan antara kabel grounding dengan kabel grounding lain dan juga untuk penyambungan antara kabel grounding ke plate terminal grounding. Sebelum welding dilakukan, seluruh permukaan yang akan diwelding harus dibersihkan dari kotoran. Dicuci dengan bersih, kemudian digosok dengan sikat besi. Permukaan tidak boleh dalam keadaan basah. Proses welding harus dilakukan dengan benar, alat harus ditutup dengan rapat baru dilakukan pemantikan. Ketika proses cadweld sudah selesai dilaksanakan, hasil welding harus diperiksa apakah sambungan sudah kuat atau belum. Harus dipastikan hasil penyambungan tidak ada yang terlepas. Bila ada ditemukan sambungan yang lepas  harus dilakukan welding kembali.
Penyambungan dengan menggunakan calweld  akan memberikan hasil yang sempurna kalau dilakukan dengan benar dan sesuai prosedur dalam pelaksaannya serta harus dilakukan oleh tenaga yang ahli dan paham cara kerja calweld itu sendiri, meskipun dengan menggunakan mesiu yang berdaya ledak relative kecil maka harus di perhitungkan keamanannya.
Penyambungan material grounding dengan calweld  memang paling bagus akan tetapi memerlukan biaya yang lebih mahal di bandingkan dengan menggunakan sambungan biasa, karena dalam penyambungan ini di perlukan alat khusus dan butuh bubuk mesiu yang tidak murah harganya serta dalam pemakain calweld haruslah orang yang sudah professional dalam system pengroundingan










Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Anonim
AUTHOR
3 Februari 2022 pukul 12.32 delete

youtube.com : SBCE88 (YouTube)
youtube.com : youtube convert to mp3 SBCE88 (YouTube) · Video Tutorial Tutorial Videos on YouTube · Videos On YouTube · YouTube Videos On YouTube · YouTube Videos On YouTube.

Reply
avatar